Rabu, 07 Maret 2012

REVOLUSI STRATEGI BISNIS UNTUK MELEDAKKAN PERUSAHAAN

            Dalam berbisnis anda harus mempunyai yang dinamakan dengan SMART IN sebagai suatu senjata yang dapat anda gunakan untuk berjalan di dunia bisnis, adapun SMART IN tersebut adalah :
SQ SEBAGAI LANDASAN UNTUK MENGUBAH PROSES BISNIS
Menciptakan visi, misi dan sasaran
Analisis diri dan lingkungan
Revolusi strategi
Terimalah setiap kegagalan sebagai pelajaran
INsya Allah
Sedikit saya akan mencoba memberikan penjelasan :
            1. SQ (Spiritual Question) Sebagai landasan bisnis
SQ menurut Danah Zohar dan Ian Marshall, merupakan kecerdasan yang kita pakai untuk merengkuh makna,nilai,tujuan terdalam dan motivasi tertinggi kita. Ada pun untuk memajukan bisnis anda, anda harus mempunyai konsep dalam berbisnis. Menurut Gary Hamel, untuk menjadi revolusioner industri, atau dapat juga membuat aturan permainan baru di era yang sulit ini.


            2. Menciptakan visi, misi, dan sasaran
·         Menciptakan Visi dan Misi Revolusioner
Menurut Gary Hamel, Komponen utama dari bisnis ini adalah strategi inti (core strategy) yang merupakan inti dari bagaimana suatu perusahaan memilih cara untuk berkompetisi. Unsur dari inti strategi tersubut adalah visi dan misi, cakupan produk/pasar basis diferensiasi.
·         Menciptakan Cakupan Pasar
·         Menciptakan Pasar Tanpa Batas
·         Memangkas Daya Tarik Emosional
·         Memangkas Daya Tarik Rasional

3. Analisis Lingkunga Internal dan External
Anda dapat melakukan analisis pada :
§  Analisis Linkungan Internal
§  Analisis Linkungan Internal Baru
§  Lingkungan Oprasional Dan Industri Yang Baru
§  Analisis ancaman yang ada
 antara lain berupa :     1. Globalisasi
           2. Mata Uang
           3. Bisnis dan Kolonialisme
           
           4. Revolusi Strategi
Dengan adanya pesaing pada saat ini membuat siklus hidup produk semakin menyempit. Demikian juga dengan siklus hidup strategi, yang juga demikian pendek. Ada pun hal-hal yang mencangkup revolusi strategi antara lain :
·         Sumber Daya Strategi
·         Strategi Berbasis Pengalaman Pelangga
·         Strategi Berbasis Jaringan
·         Revolusi Strategi Perusahaan Kecil
·         Strategi Tipping Point
·         Strategi Konsistensi
·         Revolusi Strategi Pemasaran
Terdapat strategi baru yaitu : “4P” terdiri dari “Product,Process, Performance and Person”
·         Strategi Samudra Biru
adalah Menciptakan lapangan pasar yang tidak ada lawannya


5. Terimalah Kegagalan Sebagai Pelajaran
·         Konvergensi Strategi
·         Kegagalan Strategi Pemasarn

6. INsya Allah, Kita Dapat Merevolusi Strategi

“Bisnis yang indah salah satu ciri khasnya adalah mudah dalam bertransaksi dan saling suka sama suka dengan komunikasi yang indah.”
Jika anda ingin mendapatkan penjelasan yang lebih detail tentang artikel ini silahkan anda mencari buku dengan Penulis : M.Suyanto, Judul : Revolusi Strategis MENGUBAH PROSES BISNIS UNTUK MELEDAKKAN PERUSAHAAN, Penerbit : ANDI yogyakarta.

Terdapat pula buku karangan beliau yang lainnya antara lain :
1.      11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang
2.      15 Rahasia Mengubah Ke Gagalan Menjadi Kesuksessan
3.      MARKETING STRATEGY
4.      MUHAMMAD BUSINESS STRATEGY & ETHICS
                 5.   DLL
“ SEMOGA ANDA MENJADI ORANG YANG SUKSES, KARNA SETIAP ORANG BISA MENJADI ORANG YANG SUKSES "

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More